Thursday 22 September 2016

Pancake saus Cokelat, resep Sajian Sedap

Gara gara sering nonton Peppa Pig di You Tube, dan ada satu episode, dimana Mommy Pig sedang masak Pancake untuk Daddy Pig, Peppa Pig and George, krucil krucil di rumah jadi sering minta masakin pancake.
Cari cari di Google, pilihan saya jatuh pada resep Pancake Sajian Sedap. Saya yakin aja kalo pake resep dari Sajian Sedap pasti anti gagal hehehe.

Kalau udah  masak pancake, si Atha pasti nimbrung and bilang:Mommy, can i stir? Dia mau niru si Peppa yang ikut nimbrung si Mommy Pig untuk ngaduk ngaduk adonan.

Saya sih nggak pernah melarang mereka untuk bantu bantu, selagi nggak bersentuhan sama kompor aja. Tapi si kakak Dzaki udah saya ajarin balikin pancake loh.. Lumayan bisa bantu bantu dikit hehehe



Resep sebagai berikut :
perlu di ingat saya nggak pakai timbangan karena timbangan digital saya lagi OO hiks, jadi saya ngukurnya pakai sendok dan metode kira kira. Tapi sukses juga kok hehehe


Bahan-bahan
200 gram tepung terigu protein sedang (kurleb 19-20 sdm)
1 1/2 sendok makan gula pasir halus(sempet kepepet karena gak ada gula halus, gula biasa aku blender)
1/2 sendok makan baking powder
1/4 sendok teh garam
2 butir telur, dikocok lepas
250 ml susu cair
30 gram margarin, dilelehkan

Bahan Saus:
150 ml susu cair
35 gram gula pasir
1/8 sendok teh garam
10 gram cokelat bubuk
50 gram cokelat masak pekat
1/2 sendok teh maizena dilarutkan dalam 1/2 sendok teh air(kalo aku tambahin dikit lagi airnya)


Cara membuat:
  1. Ayak tepung terigu, gula pasir halus, dan baking powder. Tambahkan garam. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Campur telur dan susu cair. Aduk rata. Tuang ke dalam campuran tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  3. Masukkan margarin leleh sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. 
  4. Tuang satu sendok sayur kecil di wajan datar. Biarkan asal berkulit. Balik. Biarkan sampai matang.
  5. Saus, rebus susu, gula, garam, dan cokelat bubuk masak sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan larutan maizena. Aduk sampai meletup-letup. Matikan api. Tambahkan cokelat masak pekat. Aduk hingga larut.
  6. Sajikan pancake bersama sausnya. 
ya ampun yummy nyaaa...kalau udah masak ini, seneng banget liat anak anak ngantri nungguin pancake masak. kadang kadang ayahnya kebagian dikit h ihihi...
Atha bisa makan sampe 10 pancake. Can you imagine that? xixixi, Dzaki juga bisa sampe segitu. kalau Balqies paling cuma 3 sampe 4 pancake aja.

 selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment