Monday 12 January 2015

Sudah kenal samo Rania Athalani

Yuhuuuuu... ini anak aku atha...namo panjangnyo rania athalani....ado artinyo jelas namo itu..tapi aku kok lupo apo yee hihihi..kageklah men aku la inget aku jelaske lagi.yg jelas kalo Rania  itu namo ratu yordania yg terkenal cantik pinter and dermawan.
Atha lahir 4 maret 2010...awal bulan umurnyo perkembangan atha normal..malah hampir overweight..secara endutttt nian....
Atha lahir di denpasar di rumah sakit puri bunda...dio lahir sesar.
Kalo aku n ayahnyo begawe dio n zaki dititip di tempat penitipan..atau day care. Akhir bulan Desember 2010 kami pindah ke Palembang.
Kalo aku bgawe ibu mertuo yg ngurus atha n zaki plus ayahnyo karena dio dirumah jago warung mertuo.
Ata sejak kecik kami kasih tontonan cd keluaran baby brain...tapi berbahasa Indonesia... and teletubbies... dio seneng nian nonton itu..di kasih tonton sejak umur 3 bulan... sampe sekarang bae maseh seneng. Waktu di Palembang dio mulai di kasih tontonan Dora The Explorer...namonyo jugo cd bajakan kadang make bahasa Indonesia kadang make bahaso inggris...campur aduk lah.
Jadi kalo aku begawe biar dio aman di kasih samo wong di rumah tontonan itu.
Setahun lewat si atha belom jugo biso ngomong.ngomong yg paling simpel be belom biso...tapi kami belom terlalu khawatir... karena dari yg kami baco usia 2 tahun belom terlalu mengkhawatirkan kalo belom biso ngomong.
Sampe dio berumur 3 tahunan... yang jelas kami kok idak terpikir waktu itu untuk bawa dio ke dokter tumbuh kembang anak.. mungkin aku terlalu sibuk begawe hiks hiks.sedih kalo ingetnyo... umur 2 sampe 3 tahun Atha 90% boleh di katoke tidak pernah merespon kalo kami ajak ngobrol, kami perintah atau kamo tanyo. Di dalem hati sudah mulai khawatir. Apo autis anaka kami nih.. n antara umur 2-4 tahun yg di omongke atha adalah segalo perkataan dora yg bahaso inggris dan sedikit sedikit spanyol. Itu samo sekali idak di ajarin. Jadi dora galo yg ngajarin...dan jugo atha belom sekolah jadi murni bahasa inggris dan spanyol yg dio dapet dari dora...
Tapi kadang namonyo jugo budak kecik kadang bahaso inggris atha susah jugo untuk kami tangkep. Atha pinter mengejo seluruh Alphabet dalam bahasa inggris..malah dio dak ngerti kalo make bahasa indonesia. Ngitung make bahaso spanyol jagoo...uno dos tress bla bla..kadang kito bengong dewek dari mano mano budak kecik ini biso.kalo wong make baju yg ado tulisan pasti di ejo nyo...untuk makan alhamdulillah atha katek masalah dalam artian selera makanno bagus. Sampe akhirnyo ado yg nyaranke ke yk madira.di situ ado klinik utk terapi anak autis karena kami ngiro dio autis kan...dan emang yg di sesalkan dio idak kami bawa ke dokter tumbuh kembang anak dulu. Sampe di situ..ado kayak kepala terapi disitu langsung mendiagnosa kalau atha tergolong anak autis. And dio jg ngmng kalo cd yg dio tonton bukan pengaruh terbesar dio cak itu. mulailah atha terapi disitu seminggu 2 kali...dan biarpun perubahan itu sedikittt nian tapi kami tetap bersyukur...dan atha harus diet dari makan2an yg banyak mengandung msg cak chiki2an trus mie, susu sapi, and segalo makanan olahan cak nugget, sosis dll. Susu jugo haus soya.Susah jugo sih secara sepupu dio kadang maen ke rumah jajan chiki2an dll...kadang dio cak pengen itu.kesian pulok. Kalo aku begawe jugo kadang ayahnyo males nak ngasih makan nyo jadi tiap ari dio kasih miieeeee terus.yoh caro lanang yg jago anak...sedih kadang niggalin dio dirumah  tapi disisi laen aku harus begawe demi anak2 tu lah. Sampe akhirnyo aku mutuske untuk brenti bgawe and aku milih untuk ikut ayuk aku ke palangkaraya. Sudah "capek" di palembang. Aku jugo dak ngerti ngapo aku milih palangkaraya bukannyo bali atau lampung yg ado adek ipar. Tapi yang jelas aku pindah utk kebaikan kami galo2.. tgl 19 mei 2014 aku terakhir begawe. Tgl 20 mei berangkat di rewangin didi. Ya allah.disitulah aku nyeseÄ· nian ninggalin Palembang..ninggalin Tara anak aku yg bujang...tapi aku pikir ini untuk kebaikan galo2..and thanks god you gave me didi. .she is such a best friend i have ever had...love her..and also my sister albertha iramani and kak indra...dan tentu kak totok yg mendanai keberangkatan kami..huhuhu terharu

Sampe di palangkaraya aku tinggal dirumah ayuk aku... sebenernyo dak enak ngerepotin tapi cak mano lagi.
Akhirnyo pelan2 karena aku sering dirumah dengan atha jadi aku sering ajak komunikasi, dio sudah biso ngomong bahasa indonesia walau masih campur campur.biso di perintah..biso di tanyo. Pokoknyo ado perubahan. and dio sempet di bawa ke psikolog di sekolah tira di sahabat alam.
Hasilnyo bagus sih..kecenderungan kelebihan otak kanan. And emang sepintas anak autis n anak yg kelebihan otak kanan ampir mirip prilakunyo...
Jadi emang atha dak fokus. Seneng berkhayal.. ado kawan imajinasi... trus kalo ngmng emg terbalik balik hihihi..
Imajinasi atha jg bagus. Jadi dio pernah susun kertas dan dio ngomong samo aku "mommy its a doll". Jadi dlm bayangan dio itu boneka..atau dio pernah gambar di dinding and ktnyo: "mommy, its an ocean..its a boat..its a fish and its mermaid... walaupun idak mirip tapi dalam imajinasi dio itu cak yg dioo sebutke.kalo kito suruh gambar rectangle atau triangle jugo makin bagus walau garisnyo belom lurus2 nian.
bahasa inggrisnyo jugo makin kantep karena saran dari om yg anaknyo autis, kalo atha ngmng bahasa inggris aku jugo ngomong bahasa inggris.jadi bahasa inggris atha makin menjadi jadi hehehe..tapi kalau kito suruh dio dak galak. Jadi masih nak kendak kendak dip dewek. Tapi 70 persen komunikasi sudah 2 arah.
Ado kejadian lucu. Jadi atha maen di depan rumah. Di depan rumah ado bunga2... trus ado cak 3 ikok budak lanang marakke ata..trus dio denger atha ngomong flower.. trus atha buat istana pasir dan atha nyebutnyo castle.dan cas cis cus bahasa inggris laen dikeluarke atha.budak budak itu heran trus nanyo samo aku...tante itu anaknya bule yah.hihii.langsung bae aku jelaske...
Trus waktu di test psikolog jugo atha wktu disuruh nyebut nama2 buah2an disebutnyo dalam bahasa inggris galo...
Kalo kosakata atha dalam bahasa inggris emang amazing nian..dan dak katek sedikitpun kami ngajarin...mungkin banyak anak yg seumuran atha sudah pinter bahasa inggris tapi iu karena emg ortunyo ngajarim dari kecil and dio sekolah yg berbahasa inggris..tapi kalau atha murni dio dewek ..kami dirumah bebaso palembang..apolagi nenek bebase merenim hihihi.. jadi campur aduk.
Mulai dari kalo ngeliat tanggo dio ngomong : mommy mommy..ladder ladder
Atau waktu liat bintang laut ... dio ngomong star fish dll lah..
Segalo macem bentuk mulai dari triangle sampe rectangle dio biso galo.dan spellingnyo itu perfecto ... anak smp n sma kalah hehehe.... bukan sombong yeee tapi itu kenyataann
Pernah jugo suatu hari aku ajak ke pasar trus cuaca ckp berangin..n atha nyeletuk mommy... its windy... hahh kaget anak mudo...pacak galoo budak inii retinyoo
Omg my 4 years old girl.(pada wkt itu).and almost 5 right now
O iyo gara2 dora manggil ibunyo mommy di cd jadi atha jg manggil mommy...
Kalo atha abes maen diluar trus dio lari lari masuk rumah pasti dio twriak..."mommyy... ohhh i miss u mommy" hihihi..lebayycak betaun taun dak ktm bae hahaha...
Trus jugo kalo dio sdh bantu aku apo bae, aku pasti ngomong thank u.. and atha akan bales..." denada" yg artinyo sama-sama...itu bahaso spanyol hihihi..atha atha...
Kalo dio minta susu: "mommy, can i have a milk... please pleaseeee... and dio tuh sambil bersujud memohon itu nahhh cak di pilem2 ..hahaha...dari mano mano dio tau itu kalo di pikir2..hihi..
Masih banyakkk lagi kelucuan atha n kepinteran dio yg laen..
Aku idak  nyesel aku idak begawe lagi.banyak yg nyeselke aku brenti begawe.. tapi aku malah bersyukur...aku belom telat untuk ngurus anak2 aku sebaik2nyo.aku masih di kasih kesempatan samo Allah SWT.aku biso masakke makanan yg sehat untuk anak aku..makan mie boleh dikatoke seminggu sekali be sudah termasuk sering bagi aku.idak lagi jajan kecuali kami yg belike.... alhamdulillah...tiap hari liat perkembangan atha rasonyo amazing nian...terharu...bangga....
Tahun ajaran baru ini rencano atha di masukke ke sekolah khusus tapi masih harus test psikologi lagi...mudah2an di terimo ...
Kami selalu bedoa supaya Allah SWT kasih kami kesehatan daj umur yang panjang biar kami biso ngurus atha dengan baek sampe dip biso di lepas dan rejeki yg banyak biar dio biso sekolah yg sesuai dengan kondisi atha..mudah2an kalo kami harus pindah ke palembang lagi.. ado sekolah yg cak ituh yeh...

The princess inside you will show
You are the glow

Didedikasikan untuk anak kami yg pinter and cantik ...

Mommy and daddy will always take care of you... we love u...

5 comments: