Thursday 1 September 2016

Eh Diskon dong, eh harga persahabatan dong .... Buat yang suka minta diskonan or gratisan...

Gratis and diskon..wah siapa yang gak suka ...aku aja mau bangetttt...hihihi.tapi liat liat dulu niii gratis apaa atau diskon apa hehe
Emang sih some of us punya prinsip kalau bisa gratisan kenapa harus bayar hehehe
Pengalaman tentang di mintain diskon aku dapetin sejak aku masuk ke dunia Perhotelan. Mulai dari ada temen yang minta diskon harga kamar, samape kalau bisa free, diskon paket makan  dan lain lain.
Ketika aku kasih harga sekian ke teman aku, eh dikit amat diskon nya, kurangin lagi dong. Atau ada kalimat yang begini : eh lu kan udah manajer kan yaa, masak diskon nya dikit amat. gak sesuai amat jabatan dehh..  #ngelusdengkul
Tapi aku akuin aku pernah juga kok minta diskon sama temen.hehe..tapi nggak pernah maksa. Dan kalau nggak dapet yang nggak marah atau ngomel.Pokoknya sesuai etika lah yaa
Let me tell you yaa my friends, kita kalau di dunia perhotelan, yang bisa kasih diskon diskon yang bener bener spesial dan miring atau free hanya orang orang tertentu saja.Terus terang, nggak gampang sebenernya mau kasih diskon atau special price. And kalau di hotel itu kita udah punya harga yang paling bottom untuk situasi-situasi tertentu dan  biasanya harga itu yang bisa kita pakai untuk kasih temen yang minta diskon.
Jadi please pengertiannya yaa bukan gak mau kasih lebih murah lagi  atau apa, tapi kita kan bekerja harus sesuai dengan kebijakan dan aturan yang ada di perusahaan kita.

Terus aku sering juga denger, ketika ada teman yang baru buka usaha restoran atau warung kopi atau tempat nongkrong dll, ada yang nyeletuk, eh kita makan di sana gratis dong yaa, sesama alumni anu gratiss donggg . atau eh kita kan sama sama mantan pacar  si X, diskon 90 persen yaaaa. hihihihi..sadis yaa..baru buka usaha udah di mintain gratis. atau ada teman yang baru buka usaha butik atau distro dll, eh harga persahabatan dong...eh diskon dong...
hmm gini ya fellaz ...menurut aku, kalau ada teman yang minta free atau diskon gede itu kurang ajar banget. kurang ajarrr banget. Bener deh..
Dan aku yakin, siapa pun yang pernah buka usaha pasti sering di mintain gitu.

Gini yaa, kalau ada temen atau sodara yang baru mau usaha jualan atau resto atau apa pun itu, seharusnya di support.
Katanya temen baik, katanya sodara. Cara supportnya ya dengan beli, atau kalau nggak beli bantu bantu promo gitu, bukannnya malah dimintain free atau diskon gede. ya diskon juga mungkin, temen atau sodara kita bisa kasih yang sewajarnya aja, yang kira kira dia nggak rugi.

 Kita nggak tau perjuangan temen atau sodara kita yang buka usaha tadi kayak apa. Kita nggak tau mungkin dia berani buka usaha di karenakan ingin menambah penghasilan keluarganya, dan modalnya di dapat dari ngutang.
Pernah sekali waktu denger celetukan teman, eh dia banyak duit yaa bisa buka usaha, atau ah dia mahh enakk bisa buka usaha gitu, orang tuanya kaya, bisa modalin.
Cmon guys, jangan main asumsi sembarangan dan nebak nebak.
Seperti yang tadi aku bilang, kita nggak tahu latar belakang dia buka usaha tuh apa, kita nggak tau dia jungkir balik untuk dapetin modal usaha tuh kayak gimana. Belum lagi dia harus berpikir keras gimana acara agar produk dia laku supaya biar bisa bayar cicilan utangnya.
Di tambah lagi kita mau minta diskon dan free?? ASU...dahlahhh

Kebayang gak ketika kamu mengeluarkan kalimat : Eh diskon or free dong ... dalem hati temen kita mungkin campur aduk, plus mungkin kalo ada yang perasa dia akan tersinggung, mungkin ada rasa gundah dan bingung... kalo aku kasih diskon, untungnya kecil banget, gak dikasih diskon gak enak.... atau mungkin dia akan kasih diskon ke kamu, tapi dalem hati dia ngedumel dan jadinya gak ikhlas ...

Kalau  aku sebisa mungkin menahan untuk tidak minta diskon atau free sama teman. Kalau aku sedang ada uang, aku usahakan beli, yah lumayan untuk penglaris dia.
kalau aku lagi gak punya uang, paling aku bantu promosi aja.

Kalau kamu gimana?

Mudah-mudahan bermanfaat.


Wita








No comments:

Post a Comment