Monday 16 May 2016

Sus Vla Vanila

Ini salah satu makanan favorit eike jugaaa...kalo di Palembang..ada gerobak kue yang ada di jalan Jend Sudirman..deretan Hotel selatan.itu tuh jual sus yang enaaakkkkkk bangettttt..vla nyaa ya ampunnnn..nagih banget pokoknyaaaa...yang jual Koko koko gitu..trus posisi gerobaknya ada di depan Pempek Ellen.
jadi kalo pas kita ada kerjaan keluar kantor pasti kita beli...dan emang jualannya si koko laris bangett.semuanya enak kalo menurut saya. yang jadi favorit saya Jongkong dan Sus.

oke...back to topic...waktu di Palangkaraya juga nih aku belajar buat sus.. resepnya gak jauh jauh dapat dari Sajian Sedap. Resepnya udah terpercaya banget hehe...

berikut resep yang eike pakai :

Bahan Sus:
200 ml air
100 gram margarin
1/2 sendok teh garam
125 gram tepung terigu protein sedang
3 butir telur

Bahan Vla:
500 ml susu cair
1/2 sendok teh pasta vanila
100 gram gula pasir
75 gram tepung maizena
2 kuning telur


Cara membuat:
  1. Sus, rebus air, margarin, dan garam hingga mendidih.
  2. Masukkan tepung terigu. Aduk-aduk hingga rata.
  3. Nyalakan api kecil. Aduk lagi sampai adonan kalis. Angkat dan biarkan hangat.
  4. Tambahkan telur satu per satu sambil dikocok hingga rata.
  5. Masukkan adonan dalam plastik segitiga yang telah diberi spuit.
  6. Semprotkan di atas loyang yang dioles margarin. semprot di atas cetakan nastar yang kecil juga bisa..agak di lingker lingker gitu mirip siput hehe,, satu lagi aku semprot panjang kayak eclair.
  7. Oven dengan api bawah suhu 200 derajat Celsius 25 menit sampai matang(aku pakai otang), trus please jangan di buka buka pintu oven nya yaa..sampai buihnya habis... kalau tetep di buka nanti dia kempes gak cantik jadiii hehehe..gagal dehh...aku apinya sedang cenderung kecil. 
  8. Vla, rebus susu cair, pasta vanila, gula pasir, dan maizena sambil diaduk sampai meletup-letup. Matikan api.
  9. Masukkan kuning telur. Aduk cepat dan rata. Nyalakan api. Aduk sampai meletup-letup kembali. Angkat. Biarkan hangat.
  10. Belah sus. Semprotkan vla. untuk yang panjang aku celupin bagian atas ke cokelat yang sudah aku carikan.
  11. Sekian dan terima kasih. di coba yaaa ..enakkkk bangetttt

No comments:

Post a Comment