Meningkatkan penjualan kamar hotel mungkin bukan hal yang mudah.
Persaingan dunia hospitalitas yang kian ketat membuat kebanyakan hotel
kesulitan untuk menjual kamar hotel mereka. Tidak hanya masalah
perubahan pada tren berwisata, perkembangan teknologi juga menjadi
alasan mengapa meningkatkan penjualan kamar hotel menjadi kian sulit.
Bayangkan
saja jika Anda harus berkompetisi dengan online travel agent (OTA) yang
menghabiskan dana milyaran rupiah untuk beriklan di berbagai media.
terdengar sangat sulit, bukan?
Menjamurnya distribusi hotel
melalui OTA bukannya tanpa alasan. Faktor kemudahan menjadi salah satu
alasan mengapa banyak hotel yang bergantung pada OTA untuk memasarkan
kamarnya. Namun demikian, bukan berarti Anda harus 100% tergantung pada
OTA. Dalam artikel ini,
Caption
akan membahas salah satu sarana yang dapat Anda gunakan untuk
meningkatkan penjualan kamar hotel Anda, yaitu website. Lalu, apa
sebenarnya website hotel itu sendiri?
Bagaimana cara kerja website hotel?
Jika
Anda masih ragu mengapa website bisa menjadi sarana Anda untuk
meningkatkan penjualan kamar hotel, tahan dulu rasa keingintahuan Anda.
Kita harus memahami terlebih dahulu; bagaimana cara kerja dari suatu
website hotel. Pada dasarnya, website hotel tidak jauh berbeda dengan
website pada umumnya. Dalam hal ini, website secara umum berfungsi
sebagai media informasi dari hotel kepada calon konsumen yang berada di
luar sana. Website bisa menjembatani rasa penasaran calon konsumen Anda
di luar sana terhadap properti Anda.
Dengan adanya website ini,
diharapkan bahwa calon konsumen akan semakin yakin dan percaya untuk
melakukan reservasi di hotel Anda. Website hotel bisa berisi hal-hal
dasar seperti informasi lokasi hotel, tipe kamar dan informasi kontak.
Selain itu, Anda juga bisa menambahkan fungsi reservasi pada website
hotel Anda dengan bantuan booking engine. Booking engine pada dasarnya
adalah suatu sistem yang memungkinkan konsumen untuk melakukan reservasi
secara langsung melalui website hotel Anda. Bentuk dan desain booking
engine sendiri bermacam-macam dan tergantung dari developer
pengembangnya, namun secara garis besar fungsinya adalah sebagai mesin
reservasi bagi konsumen Anda.
Mengapa website?
Setelah
memahami apa itu website hotel, kini saatnya kita beralih ke pembahasan
mengenai bagaimana menggunakan website untuk meningkatkan penjualan
kamar hotel Anda. Anda bisa mencari banyak contoh promosi hotel yang
tersedia di internet, namun belum banyak yang membahas mengenai
bagaimana menggunakan website untuk mendorong penjualan. Jika Anda bisa
menggunakan website sebagai salah satu strategi promosi hotel Anda,
bukan tidak mungkin bahwa Anda bisa meningkatkan pendapatan hotel Anda.
Bebas berekspresi
Berbeda
dengan OTA yang memiliki berbagai aturan, website pribadi memberikan
kebebasan dan keleluasaan bagi Anda untuk berekspresi.
Anda bisa
mendesain website Anda agar sesuai dengan branding dari hotel Anda
sendiri. Jika hotel Anda memiliki konsep seni misalnya, Anda bisa
mendesain website hotel Anda agar sesuai dengan konsep tersebut. Selain
itu, Anda juga tidak terikat dengan jumlah karakter pada konten atau
jumlah foto maksimal; Anda bebas mengisi website Anda dengan konten
apapun yang menurut Anda menarik. Hal ini tentu akan menguntungkan Anda
karena semakin banyak informasi yang dapat Anda bagikan kepada calon
konsumen, semakin besar pula kemungkinan bagi mereka untuk memilih hotel
Anda sebagai tempat menginap, bukan?
Reservasi langsung = bebas rate parity
Alasan
utama mengapa memiliki website bisa menjadi salah satu cara bagi Anda
untuk meningkatkan penjualan kamar hotel adalah karena fleksibilitas
yang Anda miliki dalam mengatur harga. Anda tidak terikat dengan
ketentuan rate parity yang mengharuskan Anda untuk memasang harga yang
sama di semua OTA; Anda bisa memasang harga termurah di website Anda dan
mendorong konsumen untuk melakukan reservasi secara langsung melalui
website Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar komisi pada
siapapun dengan reservasi langsung melalui website Anda sendiri. Kabar
baik untuk pendapatan hotel Anda!
Program loyalti bisa mendorong pelanggan untuk reservasi
Alasan
lain mengapa website bisa membantu Anda meningkatkan penjualan kamar
adalah karena Anda bisa menggunakan program loyalti pada website Anda.
Program
ini umumnya ada pula pada beberapa OTA dan memiliki tujuan untuk
mendorong konsumen agar semakin sering melakukan transaksi untuk
mengumpulkan poin. Daripada memberikan poin pada konsumen melalui
program loyalitas di OTA (dan mereka tentunya akan menggunakannya untuk
menginap di hotel lain), Anda bisa melakukannya sendiri. Anda bisa
menggunakan program ini di website Anda dan mendorong konsumen untuk
mengumpulkan poin yang bisa ditukar dengan keuntungan-keuntungan
tertentu.
Mode bilingual bisa menjangkau wisatawan mancanegara
Keuntungan lain dari menggunakan website untuk distribusi adalah jangkauannya yang luas.
Anda
bisa memanfaatkan website untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan
mendatangkan lebih banyak reservasi ke hotel Anda. Caranya mudah;
tambahkan mode bilingual ke website Anda. Hal ini tidak hanya akan
membuat wisatawan mancanegara lebih mudah untuk mendapatkan informasi
mengenai hotel Anda; kemungkinan mereka untuk melakukan reservasi pun
menjadi lebih besar. Ini mungkin salah satu contoh strategi pemasaran
hotel yang unik, namun tetap patut dicoba, bukan?
Koneksi dengan sosial media untuk jangkauan lebih luas
Fleksibilitas yang diberikan oleh website salah satunya adalah kemampuannya untuk terkoneksi dengan sosial media.
Perkembangan
penggunaan sosial media yang semakin meningkat bisa menjadi sarana Anda
untuk meningkatkan penjualan kamar hotel dengan menghubungkan website
ke sosial media hotel Anda. Hal ini tentu akan menambahkan jangkauan
pasar menjadi semakin luas dan potensi pemasaran hotel Anda pun semakin
besar. Anda bisa menggunakan sosial media sebagai media promosi lalu
menggiring mereka untuk mengunjungi website Anda untuk melakukan
reservasi.
Promo khusus untuk reservasi via website
Memiliki
website sendiri memberikan keleluasaan bagi Anda untuk mengatur
promosi. Anda bisa mencoba membuat promosi khusus untuk reservasi via
website agar konsumen lebih memilih reservasi melalui website daripada
OTA. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan fasilitas breakfast gratis
bagi tamu yang melakukan reservasi melalui website. Jika mereka melihat
keuntungan ini, tentunya mereka akan lebih memilih untuk melakukan
reservasi langsung ke website Anda, bukan?
Dan tentu, ini berarti lebih banyak pendapatan bebas komisi bagi hotel Anda.
Perkembangan
industri hotel di masa kini harus disikapi dengan bijak. Anda tidak
perlu takut bahwa hotel Anda akan kalah saing dengan kompetitor karena
pada dasarnya semua hotel memiliki sisi unik mereka sendiri. Hal ini
tergantung kepada Anda untuk memperlihatkan sisi unik tersebut kepada
konsumen. Dalam hal ini, website bisa menjadi sarana yang tepat untuk
memperlihatkan sisi unik dari properti Anda kepada dunia. Jadi tunggu
apalagi? Siapkah Anda untuk memiliki website hotel Anda sendiri?
sumber : https://blog.captionhospitality.com/blog/mengapa-anda-perlu-website-untuk-meningkatkan-penjualan-kamar-hotel-anda/